Sabtu, 09 Juli 2016

ROH KUDUS MENURUT IMAN HKBP

ALLAH ROH KUDUS


Allah Roh Kudus adalah pernyataan Allah melalui RohNya. Didalam kepribadianNya, ketritunggalan Allah, Roh Kudus bekerja bersama Allah Bapa dan Anak Allah, dari sejak awal sampai selama-lamanya. Roh Allahlah yang memelihara, menuntun, bernubuat bagi semua manusia dan meneguhkan hukum keadilan yang ada didunia ini

Yeremia 11:2 ; 9:6 ; Yoel 3:1 ; Amsal 8:12-31 ; 1 Korintus 14:3-6,28 ; Wahyu 22

Dialah yang menyampaikan Firman dan Wahyu dari Allah. Roh Kuduslah yang meneruskan pekerjaan Yesus Kristus di dunia ini, untuk memanggil, mengumpulkan, menyatukan orang percaya menjadi persekutuan (Oikumene, Koinonia), menggalakkan kesaksian (Marturia) dan pelayanan (Diakonia), dan yang mengkuduskan Gereja melalui Kabar Baik. Roh Kuduslah yang mengajar dunia ini tentang dosa, kebenaran dan Hukum. Dialah yang memateraikan keselamatan orang percaya, membuat orang bertobat, menerangi, membaharui kepribadian, menuntun manusia kepada kebenaran, mengajar manusia memuliakan Allah dan menyediakan senjata roh bagi orang percaya

Roma 8:14-17 ; 1 Korintus 3:16 ; Titus 3:5 ; Kisah Para Rasul 2 ;
Pengakuan Iman bagian ketiga dan Artinya

Dengan ajaran ini kita menekankan bahwa Roh yang kudus hanya satu itulah Roh Kudus. Dialah yang menjadikan Kabar Baik menghasilkan buah, dan yang mendirikan Gereja di dunia ini. Roh Kudus bekerja dari diriNya sendiri, tanpa kuasa manusia (Galatia 5:22-23 ; Efesus 4:3-6). Dialah sumber dari segala pekerjaan besar (mujizat) yang memuliakan Allah.

Ajaran yang mengatakan Roh Kudus sama dengan roh-roh yang lain yang ada di dunia ini,ditolak. Dan menolak segal bentuk kerasukan roh, apakh itu upaya penjagaan diri manusia secara sadar ataupun yang lahir dari ketidaksadaran.

Demikian juga ajaran yang mengatakan bahwa orang yang dipenuhi Roh tidak perlu bertobat. kita juga menolak bahasa asing (glosolalia) yang tidak dapat dimengerti orang yang menjadi pemicu keributan dalam persekutuan orang percaya. Semua karya besar yang tidak memuliakan Allah, bukanlah berasal dari Roh Kudus. Bukan karya besar yang menjadi ukuran iman, maka itu harus ditolak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar